NEWS » Editha Art Craft, Kerajinan Hiasan Logam Tembaga Bernuansa Etnik dan Antik

10 May 2014

Sering kali bangunan rumah tinggal, perkantoran atau pun hotel yang dibangun dengan gaya modern terkesan begitu anggun, indah dan nyaman apabila ruang interiornya didesain dan ditata dengan menghadirkan suasana dan nuansa etnik dan antik. Suasana dan nuansa etnik dan antik itu dapat dilakukan dengan cara menempatkan berbagai hiasan interior bernuansa etnik dan antik di dalam ruangan secara harmonis dan proporsional.

200808299

Tentu saja penempatan berbagai hiasan interior di dalam ruangan juga harus memperhatikan tata letak berbagai perlengkapan ruangan lainnya yang memiliki fungsi tertentu seperti lemari, meja, kursi dan lain-lain. Hal itu sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dalam peletakan barang-barang tersebut di dalam sebuah ruangan. Hiasan interior bernuansa etnik dan antik itu sendiri terdiri atas beberapa tipe, yaitu hiasan meja, hiasan dinding, hiasan gantung atau hiasan lantai (hiasan yang ditempatkan di lantai seperti guci, patung atau bentuk hiasan lainnya).

Khusus bagi para penata ruangan yang ingin mempercantik atau memperindah ruangan interior dengan hiasan dinding dan hiasan meja, mereka memiliki banyak pilihan untuk menggunakan hiasan dinding dan hiasan meja dari logam tembaga yang sangat indah, menarik dan artistik hasil rancangan Menik Yuli Hastuti dan suaminya dari Editha Art Craft.

Berbagai hiasan interior yang merupakan barang kerajinan dari logam tembaga produksi Editha Art Craft bisa berupa hiasan dinding atau hiasan meja yang fungsional (memiliki fungsi tertentu) seperti tempat pena, pensil, pulpen atau peralatan tulis menulis lainnya, ada juga yang merupakan karya seni murni yang tidak memiliki fungsi khusus selain sebagai hiasan ruangan.

2008082915

Dilihat dari sisi teknik pembuatan barang kerajinan hiasan interior, Editha Art Craft juga membagi teknik pembuatannya ke dalam dua kelompok besar, yaitu kelompok barang hiasan interior yang dibuat melalui teknik pengecoran dan kelompok barang hiasan interior yang dibuat melalui teknik tempa atau tatah. Sementara itu, dari sisi bahan baku, Editha Art Craft juga membagi bahan baku itu ke dalam dua kelompok besar, yaitu barang kerajinan hiasan interior yang terbuat dari logam bekas (scrap) seperti piston bekas pakai dan bekas cetakan batik.

Dengan dibantu oleh karyawan tetap yang sangat ahli di bidangnya sebanyak 3 orang dan lima orang karyawan tambahan, Editha Art Craft kini mampu memproduksi 350 pieces per bulan berbagai jenis barang kerajinan logam yang seluruhnya dibuat secara hand made. Untuk barang kerajinan logam yang dibuat dengan cara ditatah Editha Art Craft rata-rata memproduksi sebanyak 50 pieces per bulan, sedangkan produksi barang kerajinan logam yang dibuat dengan cara dicetak (dicor) memakai cetgakan (moulding) bisa mencapai 300 unit per bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku berupa logam tembaga lembaran atau batangan, Menik biasa memperolehnya dari pemasok logam di Boyolali atau Surabaya, namun untuk bahan baku logam bekas (scrap) biasanya dapat diperoleh dari sekitar Jakarta sendiri melalui pemasok yang ada di sekitar ibu kota.

2008082926

Sejauh ini Editha Art Craft masih memfokuskan kegiatan pemasaran berbagai produk kerajinan logamnya di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek). Karena, pasar di wilayah tersebut merupakan pasar yang cukup besar dan sangat potensial. Saat ini Editha Art Craft secara rutin memasok produk-produk kerajinan hiasan logamnya kepada sejumlah perusahaan pelanggan seperti satasiun televisi MetroTV, PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Ciputra Group, stasiun televisi SCTV, PT Bir Bintang dan lain-lain. Produk kerajinan itu umumnya digunakan sebagai souvenir atau kenang-kenangan bagi relasi, tamu atau mitra kerja perusahaan tersebut.

Walaupun Editha Art Craft sampai saat ini belum melakukan kegiatan ekspor produk barang kerajinan logamnya, namun banyak pembeli asing yang bertandang ke rumah produksi Editha Art Craft untuk membeli berbagai produk kerajinan logam tembaga yang dikembangkan rumah produksi tersebut. Pembeli asing yang sering datang ke Editha Art Craft diantaranya berasal dari India, Belgia dan Amerika Serikat. Beberapa diantara mereka ada yang sudah beberapa kali melakukan repeat order.

Untuk berbagai karya seni hiasan interior dari logam tersebut, Menik dengan Editha Art Craftnya menjual barang-barang tersebut dengan harga yang cukup bervariasi tergantung kepada ukuran dan kerumitan desainnya. Kriya hiasan interior logam yang paling kecil dengan desain yang paling sederhana biasanya dijual dengan harga relatif murah, yaitu Rp 50.000 per unit, sedangkan kriya hiasan interior logam dengan ukuran terbesar dan desain paling rumit dijual dengan harga Rp 1,5 juta per unit.

2008082934

Selain mengembangkan kriya hiasan interior dinding dan meja, belakangan ini Editha Art Craft juga mengembangkan hiasan interior berupa patung dari logam. Secara keseluruhan sampai saat ini Editha Art Craft telah mengembangkan desain produk kriya hiasan interior sekitar 500 item.

Menik mengaku untuk meningkatkan nilai bisnis produk kerajinan hiasan interiornya, Editha Art Craft terus mengembangkan desain-desain baru bernuansa etnik dan antik yang lebih artistik, namun tetap sesuai dengan atau mengikuti trend permintaan yang terjadi di pasar.

Walaupun latar belakang pendidikan Menik bukan di bidang desain (melainkan seorang sarjana hukum), namun dengan belajar secara otodidak Menik mampu mengembangkan talenta terpendamnya di bidang desain produk dan desain interior melalui melihat akses internet, membaca majalah dan buku desain interior yang dikombinasi dengan ide-ide desain sendiri.

Sumber : Majalah Kina (No.2-2008) Departemen Perindustrian RI

Welcome

Edithaartcraft start the business in 2001 in Jakarta. In the beginning it was run only as a part time

News

13 August 2014

Editha Artcraft di bukalapak.com
Untuk melihat produk baru dari Editha artcraft dan melakukan transaksi via Bukalapak, silakan klik link berikut ...

Mitra binaan
PT. Perusahaan Gas Negara Tbk.